Kecewa, kenyataan tak sesuai dengan keinginan? Bersedih secukupnya saja ya kak, jangan larut! . Wajib bagi setiap hamba mengimani bahwa segala sesuatu telah ditakdirkan oleh Allah 'azza wa jalla dan telah Allah tulis di al-lauhul mahfuz, bahkan ini adalah rukun iman yang keenam. . Allah 'azza wa jalla berfirman, . أَلَمْ تَعْلَمْ أَنَّ ٱللَّهَ يَعْلَمُ مَا فِى ٱلسَّمَآءِ وَٱلْأَرْضِ ۗ إِنَّ ذَٰلِكَ فِى كِتَٰبٍ ۚ إِنَّ ذَٰلِكَ عَلَى ٱللَّهِ يَسِيرٌ. . "Apakah kamu tidak mengetahui bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa saja yang ada di langit dan di bumi? Sesungguhnya yang demikian itu terdapat dalam kitab (Lauh Mahfuzh). Sesungguhnya yang demikian itu amat mudah bagi Allah." [Al-Hajj: 70] . Rasulullah shallallaahu'alaihi wa sallam bersabda, . كَتَبَ اللَّهُ مَقَادِيرَ الْخَلَائِقِ قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ بِخَمْسِينَ أَلْفَ سَنَةٍ . "Allah telah menulis takdir seluruh makhluk sebelum Allah menciptakan langit dan bumi selama 50.000 tahun." [HR. Muslim dari Ibnu 'Amr radhiyallahu'anhuma] . Beriman kepada Takdir Mencakup Keimaman Terhadap Empat Perkara: . 1. Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. . 2. Allah telah mencatat segala sesuatu yang akan terjadi di al-lauhul mahfuz. . 3. Apabila Allah menghendaki pasti terjadi, dan yang tidak Allah kehendaki tidak mungkin terjadi. . 4. Allah yang menciptakan segala sesuatu, baik makhluk maupun gerakan dan perbuatan makhluk, semuanya adalah ciptaan Allah 'azza wa jalla. . Diantara Hikmah Beriman kepada Takdir: . 1. Kita selalu bergantung hanya kepada Allah, bukan kepada siapa pun selain-Nya, karena hanya Allah 'azza wa jalla yang menakdirkan segala sesuatu. . 2. Kita tidak menjadi ujub dan sombong atau ingin dipuji atas keberhasilan kita, karena itu semata anugerah dari Allah 'azza wa jalla. . 3. Kita lebih tenang, tidak goncang dan tidak terlalu sedih atas apa yang tidak bisa kita raih, dan tidak terlalu kecewa atas sesuatu yang hilang dari kita, karena segala sesuatu telah ditakdirkan oleh Allah 'azza wa jalla, tidak mungkin kita hindari. . Bersedih secukupnya saja, yuuk bersyukur! Pasti ada hikmah disetiap ketetapan Allah. Wallahu a'lam


fiqihwanita_

@fiqihwanita_
N/A
Kecewa, kenyataan tak sesuai dengan keinginan? Bersedih secukupnya saja ya kak, jangan larut!
.
Wajib bagi setiap hamba mengimani bahwa segala sesuatu telah ditakdirkan oleh Allah 'azza wa jalla dan telah Allah tulis di al-lauhul mahfuz, bahkan ini adalah rukun iman yang keenam.
.
Allah 'azza wa jalla berfirman,
.
أَلَمْ تَعْلَمْ أَنَّ ٱللَّهَ يَعْلَمُ مَا فِى ٱلسَّمَآءِ وَٱلْأَرْضِ ۗ إِنَّ ذَٰلِكَ فِى كِتَٰبٍ ۚ إِنَّ ذَٰلِكَ عَلَى ٱللَّهِ يَسِيرٌ.

.
"Apakah kamu tidak mengetahui bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa saja yang ada di langit dan di bumi? Sesungguhnya yang demikian itu terdapat dalam kitab (Lauh Mahfuzh). Sesungguhnya yang demikian itu amat mudah bagi Allah."
[Al-Hajj: 70]
.
Rasulullah shallallaahu'alaihi wa sallam bersabda,
.
كَتَبَ اللَّهُ مَقَادِيرَ الْخَلَائِقِ قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ بِخَمْسِينَ أَلْفَ سَنَةٍ
.
"Allah telah menulis takdir seluruh makhluk sebelum Allah menciptakan langit dan bumi selama 50.000 tahun."
[HR. Muslim dari Ibnu 'Amr radhiyallahu'anhuma]
.
Beriman kepada Takdir Mencakup Keimaman Terhadap Empat Perkara:
.
1. Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.
.
2. Allah telah mencatat segala sesuatu yang akan terjadi di al-lauhul mahfuz.
.
3. Apabila Allah menghendaki pasti terjadi, dan yang tidak Allah kehendaki tidak mungkin terjadi.
.
4. Allah yang menciptakan segala sesuatu, baik makhluk maupun gerakan dan perbuatan makhluk, semuanya adalah ciptaan Allah 'azza wa jalla.
.
Diantara Hikmah Beriman kepada Takdir:
.
1. Kita selalu bergantung hanya kepada Allah, bukan kepada siapa pun selain-Nya, karena hanya Allah 'azza wa jalla yang menakdirkan segala sesuatu.
.
2. Kita tidak menjadi ujub dan sombong atau ingin dipuji atas keberhasilan kita, karena itu semata anugerah dari Allah 'azza wa jalla.
.
3. Kita lebih tenang, tidak goncang dan tidak terlalu sedih atas apa yang tidak bisa kita raih, dan tidak terlalu kecewa atas sesuatu yang hilang dari kita, karena segala sesuatu telah ditakdirkan oleh Allah 'azza wa jalla, tidak mungkin kita hindari.
.
Bersedih secukupnya saja, yuuk bersyukur!
Pasti ada hikmah disetiap ketetapan Allah. Wallahu a'lam

Disclaimer

The data provides is not authorized by TikTok. We are not an official partner of TikTok.

Use of materials from the resource is permitted only with a link to our resource.

Follow Us

facebook logoinstagram logotwitter logolinkedin logo

Copyright 2020-2024 Insiflow.com